Senin, 06 Juli 2009

Doa-doa dalam Al-Quran

“Ya Tuhanku, aku berlindung kepadamu dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada-Mu, ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.” (23 : 97-98)

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang diantara semua penyayang.” (21 : 83)

“Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.” (7 : 23)

“Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkau Waris Yang Paling Baik.” (21 : 89)

“Ya Allah, kepadaMu aku adukan kelemahan tenagaku, kekurangan kecerdikanku, dan kehinaanku dihadapan orang-orang. Wahai orang yang paling pengasih, Engkau adalah Tuhan orang-orang yang lemah, Engkau adalah Tuhanku, kepada siapa Engkau serahkan aku, apakah kepada yang jauh yang menerimaku dengan muka masam atau kepada musuh yang Engkau kuasai urusanku. Jika Engkau tidak murka kepadaku, aku tak peduli, tetapi maafMu amat luas bagiku. Aku berlindung kepada cahaya wajahMu yang menerangi kegelapan dan memperbaiki segala urusan dunia dan akhirat dari penimpaan murkaMu kepadaku atau penempatan marahMu kepadaku. milikMu keridhaan hingga Engkau ridha, dan tiada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan)Mu.

“Ampunilah kami ya Tuhan kami, dan kepada Engkaulah tempat kembali. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami janganlah engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

“Ya Tuhan kami, janganlah Enkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (karunia).” (3 :8)


“Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan kami telah mengikuti rasul, karena itu masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi tentang keesaan Allah.”

“Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami, dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (3 : 147)

“Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini (penciptaan langit dan bumi) dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (3 : 191)

“Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasulMu. Dan janganlah Engkau inakan kami pada hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji.” (3 : 194)

“Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini(Makkah) yang zalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisiMu.” (4 : 75)

“Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Alquran dan kenabian Muhammad).” (5 : 83)

“Ya Tuhan kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang dating sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaanMu, berilah kami rezeki, dan Engkaulah Pemberi rezeki Yang Paling Utama.” (5 : 114)

“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dn wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepadaMu).” (7: 126)

“Ya Tuhanku, ampunilah aku dan saudaraku, dan masukanlah kami ke dalam rahmatMu, dan Engkau adalah Yang Maha Penyayang diantara segala yang menyayangi.” (7 : 151)

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmatMu dari (tipu daya) orang-orang yang kafir.” (10 : 85-86)

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang eap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dn kedua ibu bapakku dan sekalian orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (14 : 40-41)

“Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisiMu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).” (18 : 10)

“Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti perkataanku.” (20 : 25-28)

“Ya Tuhanku, jka Engkau sungguh-sungguh hendak memperlihatkan kepadaku azab yang diancamkan kepada mereka, ya Tuhanku, maka janganlah Engkau jadikan aku berada diantara orang-orang yang zalim.” (23 : 93-94)

“Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung pula kepadaMu, ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.” (23 : 97-98)

“Ya Tuhanku, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah pemberi rahmat Yang Paling Baik.” (23 : 109)

“Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahanam dari kami, sesungguhnya azabnya itu kebinasaan yang kekal. Sesungguhnya jahanam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.” (25 : 65-66)

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami0, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (25 : 74)

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh, dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang memusakai surgayang penuh kenikmatan, dan ampunilah bapakku karena sesungguhnya ia adalah termasuk golongan orang-orang yang sesat, dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan, (yaitu) pada hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.” (26 : 83-89)

“Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmatMu ke dalam golongan hamba-hamabMu yang saleh,” (27 : 19)

“Ya Tuhanku, sesunguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku.” (28 : 16)

“Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmuMu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalanMu dan peliharalah mereka dari siksa neraka yang bernyala-nyala, ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga ‘And yang telah Engkau janjikan kepada mereka, istri-istri mereka dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana.” (40 : 7-8)

“Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau berikan kepadakudan ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepadaMu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orng yang berserah diri.” (40 : 15)

“Ya Tuhan kami beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun dan Maha Penyayang.” (59 : 10)

“Ya Tuhan kami, hanya kepadaMu kami bertawakal dan hanya kepadaMu kami bertobat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami, ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkau, Engkaulah Yang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana.” (60 :4-5)

“Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai Subuh, dari kejahatan makhluknya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan perempuan-perempuan tukang sihir yang mengembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki.” (113 : 1-5)

“Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia, raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan(bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) kedalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (114 : 1-6)

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepadaMu kami menyembah dan hanya kepadaMu kami mohon pertolongan. Tunjukkilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.” (1 : 1-7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar