Rabu, 08 Juli 2009

Rintihan Hati

Semakin jauh jarak perjalanan diri hamba
beribu macam cobaan mewarnai ruang dan masa
ada kalanya hati merasa tak berdaya
di saat raga enggan penuhi ujian dunia
hidup bahagia jadi impian
namun kenyataan selalu berbeda
berusaha dan berjuang serta berdoa
ya Ilahi
hamba berserah diri saat hati teruji
tujukkanlah jalan yang telah kau beri
kuatkan iman kami
jagalah hamba dari fitnah dan dengki,
iri hati dan sombong diri
langkah kami tak lepas dari firman-Mu
Ilahi

mendengar senandung nasyid ini membuat hati terngiuh,
karena terkadang terasa berat menjalani hidup sebagai seorang muslim,
ditambah lingkungan tak mendukung diri menjadi muslim sejati.
namun, bila kita belajar dari ikan laut, ada sebuah prinsip yang tak terwarnai oleh lingkungan. meski air laut terasa asin, namun ikan laut tidak menjadi asin, kecuali ada campur tangan manusia yang membuat ikan laut menjadi ikan asin.
seorang muslim, akan bisa menjadi muslim sejati tanpa diwarnai oleh lingkungan sekitar, apabila dia berpegang teguh pada prinsip yang benar.
karena hakekat hidup memang seperti ini. kita tidak bisa menghindari penderitaan, karena penderitaan adalah sebuah pilihan yang harus ditempuh. dengan penderitaan, kelak akan menemukan kebahagiaan. Sebagai contoh, seorang ibu akan terasa menderita ketika harus mengandung, dan menahan sakitnya melahirkan dengan susah payah. namun ketika melihat wajah yang buah hati yang lahir dengan sehat, dengan suara tangisan mungilnya, rasa sakit dalam sekejap hilang dan tak terasa. inilah buah kebahagiaan.
manusia terkadang mengeluh dengan penderitaan yang dialami. mereka selalu bertanya "mengapa harus aku yang menderita?", tapi ketika mendapat kebahagiaan, mereka tak pernah bertanya "mengapa harus aku yang bahagia?". manusia memang diciptakan dengan keunikan tersendiri dibanding makhluk lain.

1 komentar:

  1. salam kenal "aku bukan siapa-siapa"
    memang benar, manusia tidak akan bisa bebas. terkadang harapan/keinginan hendak melayang jauh menembus langit, namun apalah daya kaki masih berpijak di bumi. manusia diberi kebebasan,namun tak bebas lepas. manusia memang tak punya kuasa dalam hidup, namun manusia dapat menikmati hidup.

    BalasHapus